Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukan Preset Lightroom ke Aplikasi Mobile dan Desktop

Cara Memasukan Preset Lightroom ke Aplikasi Mobile dan Desktop

Ketika Anda mengunduh preset dari internet, Anda biasanya akan mendapatkan file ZIP. File ZIP ini berisi beberapa file XMP atau LRtemplate. Untuk menginstal preset di Lightroom Mobile ataupun Desktop, Anda perlu mengumpulkan file-file ini dalam satu folder. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah buka aplikasi Lightroom CC di komputer atau perangkat mobile.

​Apa Itu Preset Lightroom?

Preset Lightroom adalah salah satu alat yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan gambar digital Anda. Istilah "preset" sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti "pengaturan". Secara sederhana, preset Lightroom adalah sebuah paket pengaturan gambar yang telah disediakan sebelumnya yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan gambar digital Anda. Dengan menggunakan preset Lightroom, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan hasil yang diinginkan dan tentunya akan lebih cepat juga.

Ada banyak sekali macam preset Lightroom yang tersedia, mulai dari preset untuk fotografi landscape, wedding, portrait, hingga preset untuk efek seperti HDR atau grainy. Anda dapat dengan mudah menemukan preset Lightroom yang sesuai dengan kebutuhan Anda di internet. Beberapa diantaranya bahkan dapat Anda download secara gratis. Misalnya saja, website seperti Presetlove.com menyediakan berbagai macam preset Lightroom yang dapat Anda download secara gratis.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua preset Lightroom yang tersedia di internet dapat Anda gunakan secara gratis. Ada sebagian website yang menyediakan preset Lightroom dengan harga tertentu. Untuk mendapatkan preset Lightroom berbayar tersebut, Anda biasanya harus melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau PayPal.

Selain itu, ada juga sebagian website yang menyediakan preset Lightroom secara berlangganan. Dengan berlangganan di website tersebut, Anda akan mendapatkan akses ke berbagai macam preset Lightroom yang tersedia di website tersebut. Keuntungan menggunakan metode berlangganan ini adalah Anda tidak perlu membayar tiap kali ingin mendownload preset baru, cukup bayar bulanan atau tahunan saja.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai preset Lightroom. Jadi, apa itu preset Lightroom? Preset Lightroom adalah sebuah paket pengaturan gambar yang telah disediakan sebelumnya yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan gambar digital Anda. Dengan menggunakan preset Lightroom, Anda akan lebih mudah mendapatkan hasil yang diinginkan dan tentunya akan lebih cepat juga.

Memasukan Preset Ke Aplikasi Lightroom di Desktop

Sebelum memasukan preset lightroom, Anda harus mempunyai aplikasi lightroom desktop terinstal di komputer. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mendownloadnya secara gratis di website resmi Adobe. Setelah Anda mendownload dan menginstal aplikasi lightroom, sekarang Anda sudah siap untuk memasukan preset lightroom.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memasukan preset lightroom. Pertama, Anda bisa mendownload preset lightroom secara gratis dari internet. Beberapa website yang menyediakan preset lightroom free adalah PresetPro, Creative Market, dan Sleeklens. Preset lightroom gratis ini biasanya berbentuk file .lrtemplate atau .xmp. Untuk memasukan file preset ini ke dalam aplikasi lightroom, Anda bisa langsung mengimport file preset tersebut ke lightroom.

Kedua, Anda bisa membeli preset lightroom dari website seperti Sleeklens, Creative Market, dan BeartPresets. Preset lightroom yang dijual di website-website tersebut biasanya berbentuk file .lrtemplate atau .xmp. Untuk memasukan file preset ini ke dalam aplikasi lightroom, Anda bisa langsung mengimport file preset tersebut ke lightroom.

Ketiga, Anda bisa mendapatkan preset lightroom selebgram dari website seperti PresetLove dan FreeLightroomPresets. Preset lightroom selebgram yang tersedia di website-website tersebut berbentuk file .dng. Untuk memasukan file preset ini ke dalam aplikasi lightroom, Anda pertama-tama harus mengkonversi file preset tersebut ke bentuk file .lrtemplate atau .xmp. Anda bisa menggunakan aplikasi gratis seperti Adobe DNG Converter untuk mengkonversi file preset lightroom selebgram tersebut.

Setelah Anda mendapatkan file preset lightroom yang diinginkan, sekarang Anda sudah siap untuk memasukan preset lightroom ke aplikasi lightroom di desktop. Untuk memasukan preset lightroom ke aplikasi lightroom, Anda pertama-tama perlu mengimport file preset yang Anda punya ke lightroom. Anda bisa mengimport file preset ke lightroom dengan cara:

  1. Buka aplikasi lightroom desktop.
  2. Pada menu utama lightroom, klik tombol “File” lalu pilih “Import Presets”.
  3. Akan muncul jendela baru. Pada jendela tersebut, arahkan ke folder dimana file preset lightroom yang akan Anda import berada. Pilih file preset yang akan Anda import lalu klik tombol “Import”.
  4. Setelah itu, akan muncul jendela baru lagi. Pada jendela tersebut, klik tombol “Done”.
  5. Selesai! Anda sudah berhasil mengimport preset lightroom ke aplikasi lightroom desktop di komputer.

Memasukan Preset Ke Aplikasi Lightroom di Mobile

Untuk memasang preset lightroom di mobile, pertama-tama buka aplikasi Adobe Lightroom CC di perangkat mobile Anda. Kemudian, pilih menu ''Presets'' di pojok kiri atas layar. Dalam menu Presets, pilih opsi ''Base Presets''. Pada opsi Base Presets ini, Anda akan menemukan dua pilihan yakni Local Presets dan Cloud Presets. Pilih opsi Cloud Presets. Bila Anda ingin menggunakan preset lightroom dari internet, maka pada opsi Cloud Presets ini, Anda bisa mengakses preset lightroom gratis dari internet. Selain itu, Anda juga bisa mendownload preset lightroom secara gratis dari internet. Anda hanya perlu mencari di internet dengan kata kunci ''download preset lightroom gratis''.

Setelah mendownload preset lightroom dari internet, buka aplikasi Adobe Lightroom CC di perangkat mobile Anda. Pada menu Presets, pilih opsi Local Presets. Kemudian, akan muncul sebuah jendela baru. Pada jendela baru tersebut, pilih opsi ''+ Add Local Preset Folder''. Selanjutnya, akan muncul sebuah jendela file explorer. Anda hanya perlu menemukan folder dimana Anda mendownload preset lightroom tadi. Kemudian, pilih opsi ''Select Folder''. Maka preset lightroom yang ada di folder tersebut akan otomatis masuk ke dalam aplikasi Adobe Lightroom CC di perangkat mobile Anda.

Nah, itulah cara pasang preset lightroom di mobile. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah mendapatkan dan menggunakan preset lightroom secara gratis dari internet.

Cara Menggunakan Preset Lightroom di Desktop

​Sudah penasaran dengan preset Lightroom? Banyak selebgram dan photographer yang telah menggunakan preset Lightroom untuk mem edit foto mereka. Preset Lightroom adalah kumpulan settingan tertentu yang dapat kita gunakan untuk memedit foto dengan cepat dan mudah. Kita tidak perlu lagi melakukan settingan sendiri setiap kali ingin mengedit foto, cukup gunakan preset yang telah kita download dan aplikasikan pada foto.

Nah, bagaimana cara mendownload preset Lightroom? Anda dapat menemukannya dengan mudah di internet, cukup ketikkan kata kunci “download preset lightroom selebgram” di mesin pencari. Ada banyak sekali website yang menyediakan preset Lightroom gratis maupun berbayar. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Setelah mendownload preset Lightroom, langkah selanjutnya adalah memasang preset tersebut ke dalam aplikasi Lightroom. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Lightroom di desktop Anda.
  2. Pada menu File, pilih Import Presets.
  3. Arahkan ke folder dimana Anda menyimpan preset tadi, pilih preset yang ingin Anda gunakan dan klik Open.
  4. Preset akan otomatis terpasang pada aplikasi Lightroom.

Anda dapat menggunakan preset terpasang tersebut untuk mengedit foto sesuai keinginan. Anda dapat melakukan beberapa settingan tambahan seperti mengubah warna, contrast, ataupun brightness foto agar hasilnya lebih sempurna. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mencari video tutorial “cara memasukan preset lightroom” di internet. Beberapa photographer dan selebgram juga menyediakan video tutorialnya sendiri yang dapat Anda ikuti.

Nah, itu dia beberapa tips dari kami untuk Anda yang ingin mencoba preset Lightroom. Selamat mencoba dan semoga hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan!

Cara Menggunakan Preset Lightroom di Mobile

​Cara Menggunakan Preset Lightroom di Mobile – Bagi yang sering mengedit foto di lightroom mobile, tentunya sering mendapatkan hasil yang berbeda beda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kualitas gambar, resolusi gambar, dan juga setingan lightroom itu sendiri. Untuk mendapatkan hasil yang konsisten, banyak yang menggunakan preset lightroom.

Preset lightroom adalah sebuah settingan lightroom yang telah diset sebelumnya oleh seseorang. settingan ini biasanya berisi kumpulan efek warna, brightness, contrast, saturation dan lain sebagainya. Dengan menggunakan preset lightroom, anda tidak perlu repot lagi untuk menyesuaikan setiap foto yang akan didesain, cukup dengan memilih preset lightroom yang sudah anda download sebelumnya.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mencoba preset lightroom, berikut ini adalah langkah langkahnya :

  1. Download lightroom mobile di playstore. Lightroom mobile biasanya tersedia secara gratis.
  2. Buat account di lightroom mobile. Anda bisa menggunakan akun google atau akun adobe creative cloud untuk login.
  3. Download preset lightroom di internet. Ada banyak sekali website yang menyediakan preset lightroom secara gratis atau berbayar. Anda bisa mencari sesuai kebutuhan.
  4. Import preset lightroom ke lightroom mobile. Untuk import, buka aplikasi lightroom mobile dan pilih menu settings. Pilih pada bagian presets dan import preset yang telah anda download sebelumnya.
  5. Aplikasikan preset lightroom pada foto. Pilih foto yang akan diaplikasikan preset, pilih menu edit dan aplikasikan preset dengan cara menekan tombol apply di sebelah kiri atas. Anda bisa mengubah preset sesuai kebutuhan dengan menggeser slider di bawahnya.
  6. Export hasil editan. Jika anda sudah puas dengan hasil editan, pilih tombol export di sebelah kanan atas. Anda bisa memilih resolusi gambar yang akan diekspor, format gambar dan lain sebagainya.
  7. Selesai. Anda sudah berhasil menggunakan preset lightroom di mobile.

Download Preset Lightroom dari Adobe

Adobe Lightroom telah lama menjadi aplikasi fotografi populer. Aplikasi ini menyediakan berbagai alat yang berguna untuk para fotografer, seperti penyesuaian warna, efek gambar, dan lain-lain. Adobe Lightroom juga memiliki sejumlah preset gambar yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik foto Anda.

preset lightroom dark

Anda dapat mengunduh preset lightroom dark dari Adobe Creative Cloud. Untuk mengunduh preset ini, Anda perlu login ke akun Adobe Anda dan kemudian masuk ke Creative Cloud. Setelah masuk ke Creative Cloud, Anda dapat menemukan preset lightroom dark di aplikasi Adobe Lightroom.

download preset lightroom selebgram
preset lightroom aesthetic

Jika Anda ingin mendownload preset lightroom aesthetic, Anda dapat melakukannya di Adobe Creative Cloud. Untuk mendownload preset ini, Anda perlu login ke akun Adobe Anda dan kemudian masuk ke Creative Cloud. Setelah masuk ke Creative Cloud, Anda dapat menemukan preset lightroom aesthetic di aplikasi Adobe Lightroom.

Download Preset Lightroom dari Situs Eksotis

​Situs Eksotis adalah sebuah situs web yang menyediakan berbagai preset Lightroom untuk diunduh. Preset Lightroom adalah kumpulan pengaturan gambar yang dapat Anda aplikasikan pada gambar Anda dengan menggunakan Adobe Lightroom. Anda dapat menyesuaikan preset sesuai kebutuhan Anda, atau Anda juga dapat membuat preset Anda sendiri.

Anda dapat menemukan banyak preset lightroom di situs eksotis. Beberapa di antaranya gratis, dan beberapa lainnya berbayar. Jika Anda ingin mencoba preset lightroom gratis, Anda dapat mengunduhnya dari situs ini. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menemukan preset yang Anda sukai, kemudian klik tombol "download".

Setelah Anda selesai dwonload preset lightroom, Anda perlu menginstalnya ke dalam Adobe Lightroom. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Adobe Lightroom, kemudian masuk ke "Edit" -> "Preferences" -> "Presets". Klik tombol "Show Lightroom Presets Folder", kemudian paste kan preset yang sudah Anda unduh tadi ke dalam folder "User Presets".

Mudah bukan? Sekarang Anda sudah dapat menikmati berbagai preset lightroom dari situs eksotis. Jika Anda ingin membuat preset lightroom sendiri, Anda juga dapat melakukannya dengan mudah. Untuk membuat preset lightroom sendiri, Anda hanya perlu masuk ke "Develop" -> "Create Preset". Kemudian atur pengaturan sesuai kebutuhan Anda, dan beri nama preset tersebut.

Anda juga dapat mengunduh preset lightroom dari berbagai situs lain, seperti Fotolia, iStockphoto, dan Shutterstock.

Download Preset Lightroom Gratis

Adobe Lightroom adalah aplikasi fotografi yang sangat populer, dan banyak fotografer menggunakannya untuk menyesuaikan warna, contrast, saturation, dan tonalitas foto mereka. Preset Lightroom adalah pengaturan foto yang telah Anda buat sendiri atau yang Anda dapatkan dari orang lain, yang dapat Anda aplikasikan pada foto Anda sendiri dengan beberapa klik.

Banyak fotografer telah mengembangkan preset mereka sendiri dan menyediakannya untuk diunduh secara gratis, dan Anda dapat menemukan beberapa di internet. Di sini kami akan membagikan beberapa sumber untuk preset Lightroom gratis yang Anda dapat gunakan.

1. Presets Heaven

Presets Heaven adalah situs yang menyediakan berbagai macam preset Lightroom, dan Anda dapat dengan mudah menemukan preset yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Preset yang tersedia di situs ini berasal dari berbagai macam fotografer, sehingga Anda dapat menemukan preset dengan gaya yang berbeda-beda. Anda juga dapat memilih berdasarkan genre foto, seperti foto pemandangan, foto portraits, dan lain sebagainya.

2. Sleeklens

Sleeklens adalah situs lain yang menyediakan preset Lightroom gratis, dan mereka juga menyediakan paket preset berbayar yang lebih lengkap. Sleeklens juga menyediakan tutorial tentang bagaimana cara menggunakan preset, sehingga Anda dapat dengan mudah memulai menggunakannya. Anda juga dapat memilih preset berdasarkan gaya fotografi, seperti efek vintage, efek HDR, dan lain sebagainya.

3. Lightroom Killer Tips

Lightroom Killer Tips adalah blog yang menyediakan banyak sekali preset Lightroom gratis, dan mereka juga menyediakan tutorial tentang bagaimana cara menggunakan preset. Anda juga dapat memilih preset berdasarkan gaya fotografi, seperti efek vintage, efek HDR, dan lain sebagainya.

Setelah Anda mengunduh preset Lightroom gratis yang Anda inginkan, Anda dapat menggunakan tutorial di bawah ini untuk memulai menggunakannya.

Tutorial: Cara Menggunakan Preset Lightroom Gratis

Sebelum Anda mulai mengunduh preset Lightroom gratis, pastikan Adobe Lightroom sudah terinstal di komputer Anda. Jika belum, silakan mendownloadnya terlebih dahulu.

  1. Buka Adobe Lightroom dan buka foto yang akan Anda edit.
  2. Pada menu bar Adobe Lightroom, klik tombol “Develop”.
  3. Pada panel kiri Adobe Lightroom, expand menu “Presets” dan klik tombol “+” di sebelahnya.
  4. Pilih menu “Import Presets”.
  5. Akan muncul jendela file browser. Pilih file preset Lightroom yang telah Anda unduh sebelumnya dan klik tombol “Open”.

Preset akan muncul di bawah menu “User Presets”. Anda dapat mengklik preset tersebut dan Adobe Lightroom akan secara otomatis mengubah foto sesuai dengan preset yang telah Anda pilih.

Tips dan Trik Membuat Preset Sendiri

​Sudah pada tau preset lightroom bukan? Preset lightroom adalah sekumpulan setting khusus untuk lightroom yang bisa kamu gunakan untuk memedit foto dengan cepat dan mudah. Biasanya preset lightroom dijual di internet dengan harga yang cukup mahal, namun tenang saja karena kali ini kita akan membahas tips dan trik membuat preset sendiri.

Untuk membuat preset lightroom sendiri, kamu hanya perlu membuka lightroom dan masuk ke menu develop. Di menu develop inilah kamu bisa mengatur seluruh settingan lightroom mulai dari Exposure, Contrast, Whites, Blacks, Clarity, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengatur settingan sesuai selera dan kebutuhan, lalu setelah selesai klik tombol new preset di pojok kanan atas. Di menu new preset ini kamu bisa memberi nama preset sesuai keinginanmu, lalu klik tombol save. Selesai!

Bagaimana mudah bukan? Kamu bisa mengikuti tips dan trik ini untuk membuat banyak preset lightroom sendiri yang bisa kamu gunakan untuk memedit foto dengan cepat dan mudah. Selain itu, membuat preset sendiri juga akan lebih hemat dibandingkan harus membeli preset di internet. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai membuat preset lightroom sendiri sekarang juga!

Kebijakan Privasi Preset Lightroom

​Kebijakan privasi adalah cara sebuah perusahaan atau organisasi melindungi data pribadi yang diberikan oleh pelanggan atau klien. Kebijakan privasi juga mengatur bagaimana perusahaan atau organisasi menangani data pribadi yang diberikan kepada mereka. Kebijakan privasi ini biasanya ditulis dalam sebuah dokumen dan disebarluaskan kepada pelanggan atau klien.

Dalam dunia fotografi, data pribadi yang diberikan kepada seorang fotografer atau studio fotografi biasanya berupa alamat, nomor telepon, dan email. Kebijakan privasi di studio fotografi biasanya menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan dijaga kerahasiannya dan hanya akan digunakan untuk kepentingan studio fotografi tersebut.

Namun, dalam era digital ini, data pribadi tidak hanya diberikan kepada seorang fotografer atau studio fotografi saja. Data pribadi juga diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang menyediakan aplikasi fotografi, seperti Adobe Lightroom.

Adobe Lightroom adalah sebuah aplikasi yang banyak digunakan oleh para fotografer untuk mengolah foto. Aplikasi ini biasanya dilengkapi dengan beberapa preset lightroom, yaitu sebuah kumpulan pengaturan foto yang telah diset sebelumnya oleh seorang fotografer dan bisa langsung dipakai oleh pengguna Adobe Lightroom.

Beberapa preset lightroom bisa diunduh secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Preset lightroom yang berbayar biasanya dijual oleh para fotografer profesional atau perusahaan-perusahaan yang menyediakan aplikasi Adobe Lightroom

Setiap preset lightroom yang dijual oleh fotografer atau perusahaan pasti memiliki kebijakan privasi sendiri-sendiri. Kebijakan privasi ini biasanya tertulis dalam deskripsi preset lightroom atau dalam website mereka.

Berikut ini adalah beberapa kebijakan privasi preset lightroom yang berbeda-beda:

  1. Kebijakan privasi preset lightroom dari website PresetLove.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien tidak akan pernah diberikan kepada pihak ketiga, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan PresetLove.com saja.
  2. Kebijakan privasi preset lightroom dari website Filtergrade.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan Filtergrade.com saja.
  3. Kebijakan privasi preset lightroom dari website Sleeklens.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan Sleeklens.com saja.
  4. Kebijakan privasi preset lightroom dari website VSCO.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan VSCO.com saja.
  5. Kebijakan privasi preset lightroom dari website CreativeMarket.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan CreativeMarket.com saja.
  6. Kebijakan privasi preset lightroom dari website EnvatoMarket.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan EnvatoMarket.com saja.
  7. Kebijakan privasi preset lightroom dari website Fotolia.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan Fotolia.com saja
  8. Kebijakan privasi preset lightroom dari website iStockphoto.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan iStockphoto.com saja.
  9. Kebijakan privasi preset lightroom dari website Shutterstock.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan Shutterstock.com saja.
  10. Kebijakan privasi preset lightroom dari website Dreamstime.com menyatakan bahwa data pribadi pelanggan atau klien akan diberikan kepada pihak ketiga hanya jika diperlukan, misalnya untuk memproses pembayaran, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan Dreamstime.com saja.